YBM PLN dan Yayasan Niat Baik Resmikan Madrasah Pesisir


Kegiatan peresmian dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dan 3M

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG-- Setelah terselenggaranya peresmian dan Talkshow program "Gerakan Pesisir Bermartabat" pada 9 Januari 2020 setahun silam, Yayasan NiatBaik Sinergi bersama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN menyatukan semangat untuk menggagas program besar yang menjadi visi dalam ikhtiar peningkatan wawasan, kesejahteraan dan pendidikan masyarakat pesisir.

Salah satu program turunan dalam bingkai "Gerakan Pesisir Bermartabat" adalah program Pendidikan Pesisir Bermartabat. Yang menjadi pilot project dalam program tersebut adalah pembangunan Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah (DTA) Baiturrohman. Madrasah ini diperuntukan bagi masyarakat dhuafa dan anak yatim di kawasan pesisir Karawang, tepatnya di Desa Muara Baru, Kec. Cilamaya Wetan, Kab. Karawang. 

Tak surut dihadang pandemi yang tengah berlangsung sepanjang awal 2020 hingga tahun 2021 ini akhirnya pada Ahad siang (14/3) telah dilaksanakan peresmian bangunan 1 lokal kelas dari target 6 lokal yang di rencanakan. Kegiatan ini dihadiri  Ketua II YBM PLN, bapak Yusrizal Ibrani beserta jajarannya, Wahid Wahyudiyono Pembina Yayasan NiatBaik Sinergi dan tim, muwakif sekaligus pengelola Madrasah bapak H. Karto Nuryana dan para santri penerima manfaat, Kepala Desa Muara Baru berikut perwakilan perangkat Desa, bapak Suhari selaku Ketua BPD Desa Muara Baru. 

Mengingat keadaan pandemi yang belum normal sepenuhnya, kegiatan ini dilaksanakan protokol kesehatan yang ketat dengan menjalankan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan peresmian Madrasah DTA Baiturrohman ini disambut haru dan bahagia oleh seluruh masyarakat desa dan khususnya oleh para santri yang menjadi peserta didik di madrasah ini. Hadirnya Madrasah DTA Baiturrohman dalam Program Pendidikan Pesisir Bermartabat ini menjadi jawaban atas doa-doa para santri dan pengelola Madrasah yang sebelumnya harus belajar dalam kondisi serba terbatas dan berpindah-pindah tempat serta menumpang pada bangunan sekolah lain di desa tersebut. 

Dengan adanya Madrasah yang diperuntukan bagi masyarakat dhuafa dan anak yatim ini, dalam jangka panjangnya diharapkan mampu meningkatkan taraf pendidikan dan wawasan masyarakat pesisir di Desa Muara Baru, Cilamaya Wetan, Kab. Karawang dari jenjang terendah dengan menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak yaitu tingkat Madrasah Diniyah 

"Hadirnya 1 lokal yang dilaksanakan dalam 3 tahap pembangunan melalui wasilah bantuan YBM PLN dari target 6 lokal yang direncanakan ini diharapkan menjadi awal tumbuhnya kesadaran dan meningkatkan peran serta orangtua santri, dukungan perangkat desa dalam kebijakan terkait pendidikan dan pengembangan masyarakat pada umumnya." Ucap Wahid Wahyudiyono, selaku Pembina Yayasan NiatBaik Sinergi.

Program ini didukung penuh oleh YBM PLN. "Lokal madrasah ini menjadi amanah dari zakat penghasilan karyawan PLN, yang mana penghasilan mereka dipotong 2,5% setiap bulannya untuk disalurkan kepada para penerima manfaat, salah satunya masyarakat Dusun Praubosok, Desa Muara Baru dalam bentuk bangunan lokal kelas ini, diharapkan tidak terhenti hanya sebagai monumen saja, tapi dapat menumbuhkan semangat belajar agama dan menjadi wasilah kebaikan serta mengalirkan pahala yang tak terputus bagi para muzzaki." terang pak Yusrizal Ibrani ketika memberikan sambutan.

Tak terhenti pada peresmian 1 lokal madrasah ini saja, Yusrizal juga menyampaikan bahwa YBM PLN juga telah membuat beberapa sekolah berbasis pesantren tahfidz di sejumlah kota di Indonesia,  dan berbasis keterampilan seperti RGI di Depok serta kota lainnya.

Beliau juga berharap pada suatu waktu kedepannya beliau dapat berkesempatan mengisi dan membuat kegiatan semacam sharing session dan motivasi kepada para santri dengan pemutaran film bertajuk perjuangan dan sejarah tokoh-tokoh besar Islam semisal Al Fatih - Sang Penakluk Konstantinopel dan kisah sahabat Nabi lainnya.

Meskipun pandemi belum usai, semangat masyarakat untuk meningkatkan taraf pendidikan harus terus terjaga. Semoga dengan adanya kerja sama dari Yayasan Niat baik Sinergi dan YBM PLN, dapat membantu meningkatkan kepedulian dan kesadaran orangtua atas pendidikan anak-anak khususnya dan masyarakat serta peduli akan keberlangsungan masa depan generasi di lingkungannya.

 


Source link

Berita Menarik Lainnya