fbpx
0813-8835-3030 care@imscenter.id
Select Page

Banjir yang menimpa sebagian Jakarta, Bekasi dan  sekitarnya telah merendam perumahan warga. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang dialami warga cukup besar. Banjir akibat tanggul jebol di perumahan Pondok Gede Permai Jati Asih Bekasi (21/04/2016) telah merendam rumah-rumah mencapai 4 meter. Barang-barang elektronik, perabot & semua isi rumah ludes dan  rusak parah.

“Perumahan ini merupakan daerah langganan banjir”, namun kata Pak Agus (48 th) selaku lurah Jati Raden yang tinggal di Perumahan ini banjir kali ini lebih besar dibanding sebelumnya. Pak Agus termasuk salah satu warga yang dievaluasi. Lain halnya dengan Bu Sari (45 th) & Bapak Tomi (50 th) Setelah sehari semalem bertahan dirumah beliau putuskan untuk mengungsi menyusul anggota keluarga lain yang sudah lebih dahulu mengungsi. “Untuk logistic dan bantuan makanan tidak kurang kami terima, tapi persediaan air bersih sudah habis”.

Kejadian yang sangat menyita perhatian publik ini  khususnya masyarakat Jakarta dan sekitarnya, tak luput dari perhatian IMS selaku lembaga kemanusiaan. IMS menerjunkan teamnya ke lokasi banjir, dengan  1 dokter 1 perawat & 3 orang relawan. Bekerjasama dengan team SAR Hidayatullah bahu-membahu mengevakuasi para warga yang  masih bertahan di rumah. Para lansia, balita dan wanita menjadi prioritas evakuasi team kali ini. Selain evakuasi warga, menyalurkan logistik IMS juga mendatangi satu persatu warga yang masih bertahan dirumah namun mengeluhkan kesehatannya.

Menurut dr. Rendra selaku medis yang diturunkan ke lokasi menyampaikan bahwa sebagian warga menderita gatal-gatal, pusing, demam & luka-luka karena terkena benda tajam.

“Dikarenakan sebagian besar warga masih bersih-bersih rumah dan memilih perabot yang sekiranya masih bisa dipakai, penyakit atau rasa ga nyaman dibadan belum begitu terasa. Jika semua sudah usai barulah penyakit itu terasa”. Kata dr. Rendra.

Diantara para korban banjir ada beberapa warga yang harus evakuasi dan dirujuk ke RS terdekat, karena harus mendapatkan tindakan medis yang lebih lanjut. Ada salah satu pasien yang menderita luka menganga yang cukup dalam dan lebar, sehingga harus dijahit serta mendapat perawatan lebih lanjut. Dengan menggunakan ambulance IMS yang selalu standby dilokasi bencana.

Tidak hanya warga para korban banjir yang mendapatkan layanan kesehatan IMS, namun para relawan yang terdiri dari TNI, POLRI, team SAR dan dari relawan yang lain juga terlayani dengan baik.

Tidak hanya ketika banjir IMS layani kesehatan warga terdampak banjir, namun juga mempersiapkan Recovery Pasca Banjir.

Butuh Bantuan? Chat kami