Sebuah Terobosan, PKU MUI DKI Jakarta Berijazah S2 UID


Program S2 ini diharapkan melshirkan ulama yang faqih dan juga intelek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--  MUI Provinsi DKI Jakarta meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Islam Jakarta (UID) untuk penyelenggaraan Pendidikan Kader Ulama (PKU) yang berijazah S2 dari UID. Kerja sama itu ditandatangani di Gedung Rektorat UID Jakarta, Kamis (3/6).

Hadir di acara tersebut dari MUI Provinsi DKI Jakarta Ketua Umum, KH Munahar Muchtar;  Sekretaris Umum, KH Yusuf Aman; Wakil Ketua Umum, Buya Astamar; Ketua Bidang Pendidikan, Prof  Dr  Dede Rosyada; Ketua Bidang Kumdang, Dr Maksum; dan direktur serta sekretaris BP-PKU. Sedangkan yang hadir dari UID adalah Rektor, Prof  Dr  Ir  Raihan; Direktur Pascasarjana, Prof  Dr Marhamah; Dekan Fakultas Agama Islam (FAI),  Prof   Dr  Aziz Fahrurrozi; dan  Kaprodi S2, Dr  Sutarjo.

Program PKU merupakan program reguler dari MUI Provinsi DKI Jakarta untuk mendidik dan mengkader pesertnya menjadi ulama yang pada tahun 2021  telah memasuki angkatan ke XII. Selama ini, sebelum adanya MoU dengan UID, PKU merupakan pendidikan non formal, non-gelar akademik. Namun pada angkatan di tahun 2021 ini,  atas instruksi Ketua Umum MUI Provinsi DKI Jakarta, PKU dimasukkan dengan pendidikan formar S2 bekerja sama dengan UID. 

“Program kerja  sama ini merupakan bentuk kesungguhan MUI Provinsi DKI Jakarta dalam mempersiapkan calon calon ulama melalui PKU yang khas MUI dengan kompetensi kegamaan seperti bacaan Alquran, bahasa Arab, membaca kitab kuning yang ditambah  denga kompetensi akademik melalui progran kerja sama S2 dengan Pascasarjana UID. Diharapkan melakui kerja sama ini  lahir ulama yang faqih dan juga intelek,” ujar Ketua Umum MUI Provinsi DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Prof Raihan selaku rektor UID, dalam sambutannya, juga menyampaikan bahwa kerja  sama ini karena UID sebagai salah satu universitas Islam tertua di Jakarta sejak dahulu telah memiliki dan berorientasi pada pengembangan keagamaan Islam. UIJD akan memfasilitasi secara maksimal program ini dengan tetap mematuhi rambu-rambu berupa regulasi dalam pendidikan formal. 

“Program S2 UID yang saat ini telah terakreditasi A. UID berharap dapat terus mengembangkan kerja  sama dengan MUI baik tingkat pusat, provinsi, maupun  kota,” tuturnya.


Source link

Berita Menarik Lainnya