Rumah Zakat Bantu Logistik dan Medis untuk Warga Palestina


Rumah Zakat mengajak umat Islam Indonesi bantu Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Lembaga Filantropi, Rumah Zakat (RZ) turut membantu warga Palestina yang saat ini berada dalam kondisi sulit, karena adanya peperangan yang terjadi dengan Israel. RZ akan memberikan bantuan berupa makanan, dan berencana untuk membangun shelter.

"Gerakan kemanusiaan Rumah Zakat bergerak bersama para donatur untuk dapat membantu saudara-saudara yang terkena dampak dari serangan Israel ini dengan membuka bantuan berupa makanan, layanan medis dan bantuan bagi rumah sakit, dua hal ini yg saat ini menjadi bantuan yang kami salurkan bagi Palestina," kata Direktur Program Rumah Zakat, Murni Alit Baginda pada Ahad (16/5).

Murni melanjutkan, dalam waktu dekat perlu untuk memperhatikan kebutuhan shelter. Hal ini karena banyaknya rumah-rumah, dan bangunan yang hancur. Selain itu juga perlu diperhatikan sarana air bersih, dan fasilitas lainnya.

Murni mengungkapkan, saat ini semua melihat dan mendengar tentang kondisi Gaza atas serangan Israel. Kondisi yang tidak berimbang antara kekuatan Palestina dan kekuatan militer israel. Korban berjatuhan dari pihak sipil Palestina dengan jumlah yang lebih banyak.

Dia mengatakan, pertimbangan dalam melakukan bantuan kemanusiaan bagi Palestina yakni karena mereka menjadi satu-satunya negara yang masih dalam kondisi terjajah. Selama bertahun-tahun rakyatnya hidup dalam kondisi memilukan dengan blokade, perampasan tanah, dan tindakan-tindakan yang merusak nilai kemanusiaan. 

"Sisi lain, keberadaan Masjid Al Aqsa bagi kaum muslimin juga memiliki peran penting sebagaimana yang kita ketahui bersama, penyerangan jemaah itikaf dan sholat di Masjid Al Aqsa yang menjadi pemicu bentrokan dan perang hingga saat ini tentu tidak dapat dibenarkan," kata Murni

Dia melanjutkan, melihat kondisi warga Palestina apalagi dalam kondisi saat ini di mana korban berjatuhan 136 syahid, dan hampir 950 orang terluka. Ini sebuah krisis kemanusiaan yang pasti menggerakkan hati-hati setiap manusia untuk membantunya.

"Pengumpulan bantuan palestina pada dasarnya kami selalu membuka sepanjang tahun, tidak hanya untuk kondisi saat ini saja. Karena kondisi Palestina yang memang sangat membutuhkan akibat berada dalam blokade dan masih terjajah," kata Murni.

Murni mengatakan, proses penyaluran dilakukan melalui tim mitra RZ atau lembaga yang berada di Palestina.

 

 


Source link

Berita Menarik Lainnya