Rumah Zakat Ajak Warga Peduli Lingkungan


Masyarakat dituntut untuk lebih kreatif memanfaatkan lahan untuk keidupan sehari-hari

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Bertempat di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya, Kabupaten Batang, Rumah Zakat yang disupport oleh ZIS Indosat mengadakan pelatihan pembuatan media tanam untuk pemanfaatan lahan pekarangan.

Di tengah semakin sempitnya lahan dengan semakin berkembangnya perumahan maka masyarakat
dituntut untuk lebih kreatif memanfaatkan lahan, terutama lahan pertanian, baik mencukupi kebutuhan sehari-hari maupun sekala usaha. Seperti yang disampaikan Relawan Rumah Zakat Desa Berdaya Selokarto, Harto pada Selasa (11/5).

"Kita harus semakin kreatif memanfaatkan lahan, untuk menghasilkan dan menjaga ketahanan pangan keluarga. Terlebih karena ketersediaan lahan pertanian semakin berkurang. Maka yang paling mungkin adalah pemanfaatan pekarangan," terang Harto.

"Terlebih kondisi pandemi seperti ini, dengan aktitivitas yang sangat terbatas, berkebun adalah salah satu Solusi. Melalui gerakan Desa Berbuah, kami terus mengedukasi dengan pemberdayaan masyarakat, memanfaatkan potensi yang ada," lanjutnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut para penggiat pertanian dari Desa Selokarto, dan desa sekitarnya serta
Toni selaku narasumber dari kecamatan Gringsing kav Batang. Dalam kegiatan tersebut, peserta diajarkan mulai dari membuat media tanam, perawatan serta hitungan skala usaha.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan ke depannya Selokarto dan juga Desa sekitarnya bisa menjadi berdaya dengan potensi lokalnya.


Source link

Berita Menarik Lainnya