Riz Ahmed, Muslim Pertama Masuk Nominasi Best Actor Oscar


Riz Ahmed mendpaat nominasi atas perannya di Sound of Metal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Aktor keturunan Pakistan Riz Ahmed menjadi Muslim pertama yang mendapatkan nominasi Best Actor (Aktor Terbaik) Academy Award 2021. Aktor Amerika Serikat ini terpilih atas perannya sebagai drummer tuli dalam film Sound of Metal.

Dalam film tersebut, Riz Ahmed berperan sebagai Ruben Stone, seorang drummer band metal yang tiba-tiba kehilangan pendengarannya. Riz Ahmed bahkan harus menghabiskan tujuh bulan mempelajari drum serta mempelajari bahasa isyarat AS.

Usahanya membuahkan hasil. Akademi Seni dan Sains Film memberi penghargaan atas perannya tersebut.

Dalam sebuah pernyataan email, laki-laki kelahiran Pakistan yang tumbuh besar di Inggris ini berterima kasih kepada mentor drum, pusat rehabilitasi, dan komunitas tunarungu karena membantu memaksimalkan penampilannya. Film tersebut, menurut Riz Ahmed, bercerita tentang bagaimana krisis kesehatan dapat memisahkan seseorang dari kehidupan dan orang yang dicintai dan memaksa untuk tumbuh dengan cara yang tidak terduga.

“Di tahun yang penuh tantangan bagi banyak orang, saya berharap cerita ini dapat menginspirasi kita menjalin hubungan baru dan lebih dalam dengan diri kita sendiri dan orang lain,” ujar Riz Ahmed dilansir dari Huff Post, Selasa (16/3). 

Jika Ahmed menang, dia akan mengikuti jejak Mahershala Ali, yang pada 2017 menjadi aktor Muslim pertama yang memenangkan Oscar untuk Moonlight di kategori Aktor Pendukung Terbaik. Dua tahun kemudian, Ali memenangkan kategori yang sama untuk Green Book.

Ahmed membuat sejarah pada 2017 sebagai pria Muslim pertama yang memenangkan Emmy atas penampilannya The Night Of besutan HBO. Dia juga orang Asia Selatan pertama memenangkan Emmy dalam kategori akting secara umum.

Sebelumnya, Archie Panjabi memenangkan Aktris Pendukung Berprestasi untuk penampilannya di The Good Wife pada 2010. Disutradarai oleh Darius Marder, Sound of Metal menerima total enam nominasi Academy Award , termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik untuk Paul Raci. Selain penghargaan Aktor Terbaik, Ahmed menerima nominasi di Golden Globes, Penghargaan Roh Independen Film, dan Penghargaan Persekutuan Aktor Layar.

 


Source link

Berita Menarik Lainnya