fbpx
0813-8835-3030 care@imscenter.id
Select Page

Minggu, 24 April 2016. Banjir di perumahan Pondok Gede Permai Bekasi telah usai, namun menyisakan permasalahan bagi warga yang tinggal disitu. Sebagian besar rumah mengalami kerusakan yang parah, harta benda musnah karena banjir air yang disertai lumpur melenyapkan semua. Di jalanan nampak berserakan sampah-sampah yang bercampur dengan lumpur, rumah-rumah warga, masjid dan hampir semua bangunan nampak kerusakan disana-sini. Hampir seluruh warga mulai membersihkan rumah dan lingkungan. Sebagian besar relawan yang selama 2 hari berada dilokasi sudah pergi. Hanya ada beberapa elemen masyarkat yang turut membantu warga. Nampak anggota TNI, POLRI, Team SAR Hidayatullah dan yang lainnya bahu-membahu warga membersihkan komplek dari sisa-sisa banjir. Tanggul yang jebolpun juga sudah mulai diperbaiki.

Seperti pada 2 hari sebelumnya, IMS kembali menerjunkan medis dan para relawan untuk melakukan recovery pasca banjir di Perumahan Pondok Gede Permai. Bertempat di masjid Al Badriyah IMS bersama Team SAR Hidayatullah membuka posko kesehatan untuk melayani warga yang mengeluhkan kesehatannya. Semalem sebelum kegiatan dilakukan team SAR Hidayatullah beserta DKM terlebih dahulu membersihkan Masjid dari lumpur, sampah dan sisa banjir yang mengotori hampir seluruh masjid.

Satu persatu warga yang sudah memberishkan rumah masing-masing datang ke posko kesehatan, dr. Eva melayani dengan sabar seluruh pasien yang datang berobat. Hampir semua usia datang berobat dengan keluhan yang beragam, namun kebanyakan penyakit yang diderita adalah gatal-gatal, darah tinggi dan pegal pegal.

“Kondisi masyarakat pasca banjir banyak yg mengalami stress / depresi psikis, hal ini yg kemudian mempengaruhi kondisi kesehatan fisiknya seperti darah tinggi. Yg ditandai dari hasil pemeriksaan yg awalnya tensi normal namun setelah adanya banjir tensi kebanyakan mengalami kenaikan”, dokter Eva menjelaskan.

Salah satu pasien yang datang, Ibu Linda (45 th) sangat senang adanya layanan kesehatan ini.“Warga sini sangat berterimakasih dengan adanya pengobatan gratis ini, karena setidaknya ada dua hal yg kami dapatkan. Dapat obat sebagai penanganan pertama dankami bisa mendapatkan informasi kesehatan kondisi fisikn dari hasil pemeriksaan/diagnosa dokter”.

Jumlah pasien yang datang berobat sebanyak 86 orang yang terdiri dari ank-anak, orang tua dan pria-wanita dewasa. Kegiatan ini berakhir tepat ketika adzan dhuhur berkumandang. Ba’da dhuhurLAZNAS BMH membagikan bantuan kepada pengurus DKM dan ke para warga yang hadir. Diantaranya : alat-alat kebersihan, makanan, pakaian dewasa dan anak-anak serta peralatan sekolah untuk anak-anak.

Sinergi beberarapa lembaga yang meliputi IMS, SAR Hidayatullah, BMH & Laznas BSM berjalan dengan baik, lancar dan tertib. Semoga kejadian ini tidak terulang lagi khususnya di perum Pondok Gede Permai.

Butuh Bantuan? Chat kami