fbpx
0813-8835-3030 care@imscenter.id
Select Page

Ramadhan baru saja meninggalkan kita, bulan dengan segala kemuliannya telah berlalu. Banyak musibah, ujian, godaan & tantangan yang terjadi selama bulan suci kemaren. Banjir, tanah longsor dan kebakaran terjadi selama kurun waktu sebulan kemaren dilokasi yang berbeda-beda.Tentunya banyak pula hikmah yang bisa dipetik agar kehidudapan pasca ramadhan ini lebih baik lagi.

Disaat sebagian besar masyarakat masih menikmati liburan lebaran, disaat sebagain dari kita masih asyik berkumpul bersama dengan keluarga. Ada yang masih sibuk dengan silaturahmi dengan sanak family, ada juga  yang masih reuni denga sahabat dan kawan masa sekolah atau masa kecil. Team IMS tidak mau berlama-lama terlena dengan libur yang panjang. IMS mengisi libur idhul fitri dengan kembali turun ke lokasi bencana yang terjadi di nusantara. Ada 2 lokasi yang menjadi perhatian serius IMS dalam melakukan aksi recovery terhadap masyarakat yang terkenan musibah. Adalah warga Karo Sumatra Utara yang merupakan korban dari erupsi dari gunung sinabung, lokasi lain adalah Purworejo Jawa Tengah yang pada bulan ramadhan kemaren terkena musibah tanah longsor.

Pada tanggal 9 – 10 2016 IMS menurunkan 4 personilnya ke tanah Karo Sumatra Utara, terdiri dari dokter, apoteker & relawan. Aksi pertama dilakukan pada hari Sabtu tanggal  9 Juli, bertempat di  camp pengungsian yang berlokasi di Sigarang-garang team yang dipimpin oleh dokter Syaifudin Hamid melakukan aksinya. Sebanyak  98 pengungsi mendapatkan penanganan medis dengan berbagai macam keluhan yang dirasakan. Pada tanggal 10 Juli pengobatan dilanjutkan di  Gedung  KNPI Kabanjahe,  pada hari kedua ini sebanyak 87 pasein tertangani dengan baik. Adapun penyakit yang diderita oleh sebagian besar pengungsi adalah ; Pusing, ispa, hypertensi, nyeri, maagh dan  Banyak pengungsi mengalami  stres karena masalah psikkologis yang mereka alami

Salah satu koordinator pengungsi Bapak Sidabutar ( 48 th) menyampaikan kepada team ; “bantuan kepada kami sudah mulai berkurang karena musibah ini sudah terlalu lama terjadi, layanan kesehatan yang ditempatkan adalah para bidan dengan obat-obatan yang terbatas”. Kami berterima kasih kepada IMS karena sudah mau datang kemari untuk kesekian kalinya.

Selain memberikan layanan kesehatan kepada para pengungsi, IMS juga menyampaikan amanah dari donatur berupa sembako.

Saat ini masih ada 9.200 pengungsi yang tersebar di  9 lokasi yang berbeda. Mereka sangat membutuhkan perhatian dan bantuan karen pemerintah setempat sudah tidak begitu memperhatikan kondisi mereka.

Butuh Bantuan? Chat kami