Gerakan Gizi Nusantara

Program IMS

Pendahuluan

Tujuan dan

Sasaran

Gizi  adalah  zat-zat  penting  dalam makanan berupa mineral, protein, lemak, vitamin, karbohidrat dan air. Zat-zat yang terkandung dalam makanan tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia terutama oleh balita. Gizi sangat dibutuhkan balita yang sedang berada dalam tahap tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, makanan yang berkualitas dan bergizi tinggi perlu menjadi makanan rutin yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, terutama anak-anak. Masa pertumbuhan merupakan masa esensial bagi anak-anak untuk mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Asupan nutrisi dan gizi yang cukup dapat mencegah pertumbuhan tidak sempurna, seperti stunting dan wasting. Namun,  sekitar 2,9 juta anak di Indonesia masih mengalami gizi buruk. Sebagai negara yang sedang berkembang dan sedang membangun, bangsa Indonesia masih memiliki beberapa ketertinggalan dan kekurangan jika dibandingkan negara lain yang sudah lebih maju. Salah satunya adalah dalam bidang kesehatan, khususnya soal gizi. Berkaitan dengan gizi, Indonesia adalah negara yang mengalami dua masalah gizi sekaligus yaitu kekurangan gizi dan kelebihan gizi. Dengan kata lain, di satu sisi bangsa Indonesia masih harus berjuang memerangi berbagai macam penyakit infeksi dan kurang gizi yang saling berinteraksi satu sama lain menjadikan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia tidak kunjung meningkat secara signifikan. Sedangkan di sisi lain, di beberapa daerah lain atau pada sekelompok masyarakat Indonesia yang lain terutama di kota-kota besar, masalah kesehatan masyarakat utama justru dipicu dengan adanya kelebihan gizi. Cara mengakhiri masalah gizi adalah dengan penanggulangan secara jangka panjang dan akan sangat bergantung pada kemampuan seseorang untuk bekerja sama untuk mewujudkan perkembangan pendidikan dan ekonomi, perbaikan gizi, kedamaian, pengendalian pertumbuhan penduduk, serta perbaikan sanitasi. Apabila diaplikasikan dengan benar maka harapannya adalah dapat mengurangi masalah gizi dan penyakit infeksi serta akan meningkatkan usia harapan hidup. Terkait dengan permasalahan tersebut, Islamic Medical Service (IMS) selaku lembaga sosial kesehatan & kemanusiaan merasa terpanggil untuk turut serta mengambil peran didalam mengatasi permasalahan gizi yang terjadi di masyarakat. Terdapat beberapa daerah binaan IMS yang sedang mengalami permasalahan kesehatan terutama menderita kekurangan gizi & gizi buruk.
TUJUAN
  1. Memberikan edukasi tentang makanan bergizi kepada ibu dan anak.
  2. Menanamkan sejak dini perilaku hidup sehat pada anak-anak.
  3. Memberikan informasi  mengenai  pentingnya  susu  dan  produk  olahannya  terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.
  4. Untuk mengenalkan dan memotivisi orang tua dan anak usia dini, tentang jenis-jenis makanan bergizi yang penting untuk dikonsumsi sejak usia dini.
  5. Meningkatkan kemandirian keluarga dalam upaya perbaikan status gizi.
 
SASARAN
  1. Balita
  2. Anak-anak siswa sekolah
  3. Ibu Hamil
  4. Lansia
  5. Masyarakat umum
 
TEMPAT KEGIATAN
       Tenjo, Parung Panjang, Bogor Barat, Jawa Barat.
BENTUK KEGIATAN
  1. Pemberian materi tentang kesehatan dan gizi dalam bentuk Games/permainan.
  2. Bimbingan praktik PHBS.
  3. Pembagian leaflet tentang asupan gizi seimbang kepada ibu selaku wali murid.
  4. Pemeriksaan Gigi.
  5. Pemeriksaan Kesehatan.
  6. Pemberian langsung makanan tambahan.
WAKTU PELAKSANAAN Agustus – Desember  2020

PROGRAMS

Koleksi data Program berjalan

Berikut adalah slide program-program yang telah kami selenggarakan, tentunya kami juga mengharapkan masukan dan saran dari Anda.