Desa Sehat

Program IMS

Pendahuluan

Tujuan dan

Sasaran

Indonesia sebagai negara besar memiliki konsekuensi dan masalah besar juga seperti  masalah ekonomi, sosial-politik, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Pembangunan kesehatan secara nasional ditujukan untuk memperbaiki kualitas kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi seluruh masyarakat sehingga mampu membentuk tingkat kesehatan masyarakat menjadi derajat yang sebaik-baiknya. Secara sosial dan ekonomis hal ini dapat dijadikan sebagai modal atau investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif. Seluruh unsur penyelanggara negara baik di pusat maupun daerah bertanggungjawab atas terbentuknya masyarakat yang sehat. Tidak luput pula peran serta aktif dari masyarakat harus dilibatkan secara optimal untuk mengubah dan memperbaiki perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya. Perilaku inilah yang menjadi pintu masuk terciptanya masyarakat yang sehat. Kondisi ini yang kemudian melahirkan sebuah ide diperlukannya sebuah konsep percepatan pembangunan kesehatan yang menjadikan desa sehat sebagai basisnya.
Dengan ide utamanya adalah membuat masyarakat dapat merasakan peningkatan kualitas keterjangkauan akses yang mudah terhadap pelayanan kesehatan dasar mereka sebagai objek pembangunan dan tentunya juga mempertimbangkan masyarakat sebagai subjek pembangunan.
Sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam mempercepat pembangunan kesehatan, maka melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah ditetapkan suatu kebijakan pembangunan kesehatan berbasis perdesaan atau lebih populer disebut Program Perdesaan Sehat.
Program Perdesaan Sehat ini sangat memiliki relevansi demi terciptanya peningkatan kualitas percepatan pembangunan kesehatan masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni proses awal harus dimulai dari perdesaan, hal ini harus dimaklumi mengingat desa merupakan sumber kekuatan dari negara dan di desa pula sebagian besar masyarakat Indonesia berada. Dengan begitu, desa harus menjadi prioritas sesungguhnya dari rencana implementasi pembangunan nasional, tidak terkecuali di bidang kesehatan.
 
TUJUAN KEGIATAN

Program Perdesaan Sehat yang telah diluncurkan tersebut akan memiliki lima focus pilar sebagai bentuk intervensi pembangunan yang diarahkan pada :
  1. Tersedianya NAKES
  2. Tersedianya tenaga Bidan Desa untuk seluruh Desa,
  3. Ketersediaan sumber air bersih
  4. Ketersediaan sarana sanitasi yang baik
  5. Pemenuhan Gizi seimbang
 
HASIL YANG DIHARAPKAN
Optimalisasi keterlibatan masyarakat Program Desa Sehat adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk menggerakkan partisipasi aktif dari segenap potensi yang dimiliki warga dan kelompok masyarakatuntuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keluarga danlingkungan yang sehat.  Pemberdayaan masyarakat desa sebagai upaya pengembangan perilaku mandiri demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan perbaikan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta pemanfaatan sumber dayamelalui penyusunan kebijakan, program, kegiatan, dan penyertaan yang selaras dengan pokok masalah dan skala kebutuhan yang menjadi prioritas masyarakat desa.
Dengan begitu, ada upaya-upaya sinergis dari segenap lapisan masyarakat desa disesuaikan dengan peran dan fungsinya untuk bersama menerapkan prinsip-prinsiphidup yang sehat dalam semua aspek kehidupan. Totalitas peran serta aktif dari masyarakat dalam pembentukan “Desa Sehat”sangatlah diperlukan, sedangkan institusi atau lembaga pelayanan kesehatan hanyasebagai motivator atau pembimbing dalam upaya-upaya kesehatan masyarakat.  Pada bidang kesehatan ini, peran dari masyarakat desa harus dapat terwujud dalamupaya mendorong setiap individu, keluarga, dan atau lembaga masyarakat termasuk swasta mengambil tanggung jawab atas kesehatan diri, keluarga, dan masyarakat.
Dengan mengembangkan kemampuan untuk menyehatkan diri, keluarga, masyarakat, dan lingkungannya, serta menjadi pelaku perintis kesehatan danpemimpin yang menggerakkan kegiatan masyarakat di bidang kesehatanberdasarkan atas kemandirian dan kebersamaan dalam upaya terbentuknya desasehat dapat dilakukan dengan lebih seksama.  Paradigma “Desa Sehat” ini tentu menjadi harapan bagi seluruh warga masyarakatdesa dalam upaya bersama menata kehidupan bermasyarakat yang lebih baik danperan aktif. Dalam kondisi ini masyarakatlah yang akan mewujudkan suatupemerintahan desa, dan masyarakat desa yang memiliki derajat kesehatan yangoptimal, berperilaku hidup sehat dan bersih sehingga mampu produktif, berdaya saing,mandiri, bahagia, dan sejahtera Sebagai sebuah gerakan Desa Sehat diharapkan dapat mengubah perilaku dan pengetahuan guna menata kehidupan masyarakat desa yang lebih baik dan sehatdemi peningkatan status kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
 
SASARAN PENERIMA MANFAAT
  • Masyarakat miskin
  • Santri Tahfidz
  • Dai & keluarganya
  • Masyarakat minim akses (pedalaman, terluar dan kepulauan)
  • Mualaf dhuafa pedalaman
  • Sahabat & saudara yang telah hijrah
 
VARIAN KERJASAMA
  1. Memilih paket program yang sesuai dengan core ataupun fokus program yang diminati.
  2. Perusahaan menawarkan program alternatif yang dilaksanakan oleh pihak IMS.
  3. Secara bersama membuat program yang berkebutuhan dan berkesesuaian yang dilaksanakan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun atau jangka waktu yang disepakati.
 
SHARING BENEFIT
  1. Mendapatkan laporan dan progres kegiatan yang berlangsung dalam  bentuk  live dan tertulis sebagai pertanggungjawaban kepada stakeholder dan masyarakat.
  2. Mengokohkan eksistensi sebagai perusahaan yang care terhadap persoalan sosial masyarakat yang terjadi.
  3. Ekspose logo pada beberapa media
 
KENAPA BERMITRA DENGAN IMS
  1. Team medis yang senantiasa siap setiap saat.
  2. Jaringan sampai ke seluruh nusantara & pelosok pedalaman.
  3. Tranparansi dalam setiap kegiatan.
  4. Mudah dan cepat dalam setiap kegiatan
  5. Ditunjang oleh medis yang profesional dan peduli, dan
  6. Penyaluran yang tepat sasaran

PROGRAMS

Koleksi data Program berjalan

Berikut adalah slide program-program yang telah kami selenggarakan, tentunya kami juga mengharapkan masukan dan saran dari Anda.