Pemkab Kupang dukung TNI gelar TMMD di kawasan perbatasan



Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur mendukung TNI AD menggelar program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-111 di Kecamatan Amarasi Selatan yang wilayahnya berbatasan laut dengan perairan Australia.

"Kami mendukung penuh terhadap kegiatan TMMD dilakukan Kodim 1604 Kupang di Kecamatan Amarasi Selatan yang wilayah lautnya berbatasan langsung dengan Australia. Program TMMD ini juga untuk mempercepat pembangunan di kawasan perbatasan itu," kata Bupati Kupang, Korinus Masneno di Oelamasi, Jumat.

Dia mengatakan, wilayah Kabupaten Kupang merupakan salah satu kabupaten di provinsi berbasis kepulauan ini yang berbatasan wilayah dengan dua negara yaitu daratan berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste sedang wilayah perairan laut berbatasan dengan Australia.

Baca juga: TNI Masuk Desa tuntaskan tugas negara meski dalam belenggu COVID-19

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kupang terus bersinergi dengan TNI-AD dalam kegiatan program TMMD khusus di wilayah pedalaman yang memiliki medan yang berat di kawasan berbatasan daerah itu .

Menurut Korinus Masneno pada 2020 kegiatan TMMD telah dilakukan di Amfoang Timur yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste.

"Hasil kegiatan TMMD sangat memuaskan karena banyak infrastruktur dibangun di kawasan perbatasan itu dilakukan dengan cepat oleh para anggota TNI-AD. Kami mengapresiasi terhadap kerja TNI yang mendukung Pemerintah Kabupaten Kupang dalam membangun kawasan perbatasan dengan sukses,"tegasnya.

Menurut dia pada 2021 Pemerintah Kabupaten Kupang menggandeng TNI-AD melalui Kodim 1604 untuk melakukan TMMD ke 111 di Kecamatan Amarasi Selatan yang wilayah perairan berbatasan dengan Australia.

Kegiatan TMMD di Kecamatan Amarasi Selatan itu berlangsung satu bulan mulai 15 Juni hingga 15 Juli 2021 dengan sasaran kegiatan berupa pembangunan tiga unit ruang kelas baru dan satu ruang guru di salah satu lembaga pendidikan di Kecamatan Amarasi Selatan.

Selain itu menurut Korinus, TMMD ke-111 juga melakukan kegiatan rehab beberapa rumah ibadah di Kecamatan Amarasi Selatan yang kondisinya sudah rusak.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih: TNI siap bantu pemda percepat pembangunan Papua
Baca juga: Tim Wasev Kodam XIII/Merdeka tinjau TMMD di Kamalu
Baca juga: TNI AD bangun rumah layak huni untuk warga Sorong

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021


Source link

Berita Menarik Lainnya