Pakar mikroekspresi: Anies kendalikan emosi saat debat ketiga



Jakarta (ANTARA) - Pakar gestur dan mikroekspresi dari Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia Monica Kumalasari, S.E., M.Psi.T, berpendapat calon presiden Anies Baswedan mengendalikan emosi dengan baik saat debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) di Jakarta, Minggu (7/1).

"Sentimen positif warganet sebesar 77 persen menurut data Drone Emprit terbukti dengan pengamatan pada pengendalian emosi yang sangat baik," ujar dia saat dihubungi ANTARA, Senin.

Menurut Monica, emosi capres nomor urut 1 Anies terkendali bahkan saat ditanya balik oleh calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto ketika membahas topik tentang etika dan ini memancing kemarahan Prabowo.

Baca juga: Pakar gestur: Ganjar seringkali tampilkan emosi "contempt"

Pada sesi bertanya, Anies bertanya pada Prabowo tentang standar etika. Prabowo lantas berpendapat Anies tidak berhak bicara soal etik karena mantan Gubernur DKI Jakarta itu dinilai tidak memberikan contoh yang baik soal etik.

Monica mengatakan Anies tetap menanggapi dengan penuh atensi tanpa ada kebocoran ekspresi wajah yang menampakkan kemarahan.

"Hanya nampak subtle shoulder shrug (sedikit mengangkat bahu) dan menarik napas yang lebih panjang sebagai respon ketidaksetujuan dan ketidakjelasan pada jawaban Prabowo, namun, tetap menunjukkan ketegasan melalui penekanan suara," kata dia.

Di sisi lain, menurut dia, masyarakat menikmati cara Anies beretorika, bertanya dan menyampaikan jawaban. Anies dinilai masih menjaga etika dengan mengatakan "Saya tidak tega untuk mengulang".

"Ini tertangkap dominan emosi fear (takut) yang diprediksi sebagai kekhawatiran agar pernyataan yang dinilai memancing emosi Prabowo," kata Monica.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Baca juga: Prabowo tak terbebani saat debat capres? Ini kata Pakar Gestur

Baca juga: Arti syal Cak Imin, emosi Gibran dan Mahfud MD saat debat kedua

​​​​​​​Baca juga: Pesan tersembunyi para Capres lewat fesyen dalam debat ketiga

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Berita Menarik Lainnya