MEMPERINGATI HUT RI BAKSOS KE PEDALAMAN

0 Comment
8 Views

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-71, IMS melakukan aksi sosial berupa layanan kesehatan gratis dan pembagian sembako untuk masyarakat pedalaman di kepulauan mentawai.

Untuk menuju lokasi pengobatan team medis IMS menggunakan alat transportasi perahu atau pongpong yang biasa disebut masyarakat Mentawai. Perjalan menyusuri sungai kurang lebih 1 jam dan laut sekitar 1,5 jam team IMS yang terdiri dokter, perawat, apoteker dan beberapa relawan sampai di lokasi baksos. Bertempat di dusun Tiup team medis memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat pedalaman yg terdiri dari 2 desa. Warga desa yang berobat yang terdiri dari beberapa golongan diantaranya orang tua, anak-anak dan dewasa. Mereka sangati antusias dengan adanya  layanan kesehatan gratis yang dberikan oleh team medis yang datang ke tempat mereka. Adapaun jumlah warga atau pasien yang mendapatkan layanan  berjumlah 316 orang.

Dr. Agung (38 th) selaku kepala team medis IMS menuturkan bahwa agenda kita ke pelosok seperti ini rutin kita lakukan, dan hari ini tanggal 17 Agustus bertepatan dengan HUT RI di desa ini kita berikan layanan kesehatan.

Ditengah-tengah warga yang datang berobat, dijumpai anak muallaf yang harus mendapatkan tindakan lanjutan yaitu operasi bibir sumbing Aziz (3 th).

Adele (47) mengeluhkan sakit perut, punggung dan kepala yang langsung mendapatkan obat dan mengucapkan terima kasih atas pelayanan ini. Sedangkan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat yaitu myalgia, ispa, hypertensi dll.

Selain kebutuhan hidup berupa makan sehari-hari, kebutuhan terkait layanan kesehatan yang memadai, masyarakat di desa ini juga membutuhkan sarana yang lain. Kondisi muallaf di dusun Tiup ini memerlukan musholla untuk melaksanakan ibadah wajib 5 waktu. Untuk saat ini sudah ada tanah ukuran 50 x 50 cm untuk pembangunan musholla yang di dapat dari tanah hibah dari seorang mullaf lainnya.

Warga desa Tiup ini seperti halnya masyarakat di kepulauan Mentawai yang lain, Kondisi ekonomi masyarakatnya sangat rendah yang mayoritas keseharian mereka adalah bertani.

Layanan kesehatan untuk masyarakat pedalaman ini dapat berjalan dengan baik dan lancar karena  dukungan penuh dari laznas bsm dan yayasan dakwah pendidikan mentawai.


Tabligh Akbar : Momentum Hijrah Menuju Kebaikan

Dalam rangka menyambut dan memaknai tahun baru Islam 1441 Hijriyah,...

Menkumham Berikan IMS Penghargaan atas Program Hapus Tato

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasona H Laoly...

Leave your comment