fbpx
0813-8835-3030 care@imscenter.id
Select Page

Hari Buruh Internasional tidak selalu dirayakan dengan demonstrasi. Para pekerja di Cikarang melewati May Day dengan melakukan bakti sosial. Menggandeng Islamic Medical Service (IMS), pekerja menyelenggarakan bakti sosial pelayanan kesehatan gratis di tiga tempat, yakni Cikarang, Depok, dan Tangerang. IMS merupakan lembaga kesehatan milik ormas Islam Hidayatullah ini bekerja samadengan komunitas Berbagi Nasi Cikarang dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Di Cikarang, Jawa Barat, kegiatan IMS dipusatkan di Balai Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Ahad (1/5). “Kami kerjasama dengan IMS untuk kedua kalinya. Kebetulan bakti sosial ini juga dalam rangka tiga tahun komunitas Berbagi Nasi Cikarang,” ujar Jemiar Pardiyono, Koordinator Berbagi Nasi Cikarang.

Sebagian besar anggota Berbagi Nasi Cikarang merupakan buruh-buruh pabrik. Dia berharap kegiatan bakti sosial ini salah satu bentuk kepedulian buruh akan masyarakat miskin. Sekitar 500 warga miskin Desa Karang Asih menerima manfaat dari program bakti sosial ini. Selain mendapat pelayanan kesehatan gratis, 400 warga miskin tersebut juga menerima paket bantuan sembako.

Dalam program ini IMS menurunkan empat dokter dan enam paramedis. Koordinator medis IMS, dokter Endi Samsi Roni mengatakan sebagian besar warga yang diperiksa mengidap darah tinggi dan diabetes.

“Darah tinggi dan gula (diabetes) kebanyakan keluhannya. Ya sisanya rematik dan lain-lain,” ujar dokter Endi.

Asep Mulyana, Kepala Desa Karang Asih menyambut baik kegiatan bakti sosial ini. Asep mengatakan, warga desanya yang berjumlah 33 ribu ini kebanyakan memang masih rendah tingkat kesadarannya akan lingkungan sehat. Sehingga kegiatan yang diselenggarakan IMS dan Berbagi Nasi ini sangat bermanfaat.

Sementara itu di Tangerang, kegiatan pelayanan kesehatan gratis diselengggarakan di Mall Tangerang City, Ahad (1/5). IMS bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) menggelar pemeriksaan lab, pemeriksaan gigi, juga cek asam urat, gula darah, dan kolesterol.

Di Depok, Jawa Barat, IMS menggelar pelayanan kesehatan gratis di Balaikota Depok, Jumat-Ahad (29 April-1 Mei 2016). Selain dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional, pelayanan kesehatan gratis IMS ini juga memeriahkan HUT Depok ke 17.

Butuh Bantuan? Chat kami