Itera siapkan empat gedung guna pelaksanaan UTBK


mengarahkan peserta nanti agar tidak menimbulkan kerumunan

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyiapkan empat gedung guna pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) yang akan berlangsung pada 12 sampai 14 April 2021.

"Empat gedung yang kita gunakan yakni Gedung Laboratorium Teknik 1, 2 dan 3 serta Gedung Kuliah Umum I dengan komputer yang disiapkan sebanyak 730 unit," kata Koordinator Pelaksana UTBK Itera, Alviyanda, ST,MT, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pada pelaksanaan UTBK tersebut secara keseluruhan terdiri dari lima sesi dengan pembagian dua sesi per hari dimana setiap sesinya akan diikuti 730 peserta sesuai komputer yang disediakan.

"Ada 10.298 orang yang memilih Itera pada UTBK ini, tapi hanya 2.869 orang yang akan tes di kampus ini, sedangkan sisanya para peserta ini melakukan tes di daerahnya masing-masing," katanya.

Terkait peserta yang ingin mengetahui jadwal dan lokasi ujian, lanjut dia, mereka dapat mengecek langsung di kartu ujian yang dapat diunduh dari situs pendaftaran UTBK (LTMPT), sedangkan untuk melihat nomor kursi atau gedung, Itera menyediakan "lay out" ruang ujian lengkap dengan kursi dan gedung di website PMB Itera yang dapat diakses oleh seluruh pendaftar.

“Selain itu kami juga akan sediakan banner layout ruang ujian di setiap gedung ujian pada hari H untuk memudahkan peserta dalam mencari lokasi atau ruang ujiannya. Itera juga menyiapkan petugas yang membantu mengarahkan peserta dalam menemukan lokasi ruang atau nomor kursi sebelum ujian dimulai,” ujarnya.

Kemudian, bagi peserta yang akan mengikuti UTBK di kampus Itera juga diberikan kesempatan untuk melihat atau mengecek lokasi ujian pada H-1 sebelum ujian berlangsung, yaitu pada Minggu 11 April 2021 pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

"Kami akan sediakan petugas yang membantu mengarahkan peserta nanti agar tidak menimbulkan kerumunan," kata dia.

Pada tahun ini Itera menyediakan 5.000 kuota atau bangku dimana sekitar 45 persen penerimaan dilakukan melalui jalur SMBPTN dan sekitar 55 persennya melalui jalur UTBK.

Baca juga: LTMPT pastikan jadwal UTBK tidak ada perubahan

Baca juga: 14.071 peserta ikuti UTBK SBMPTN di Universitas Jember

Baca juga: Uji coba UTBK SBMPTN diikuti 84.000 peserta

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021


Source link

Berita Menarik Lainnya