GPS : Warga Kp. Pamahan Berobat Gratis

GPS : Warga Kp. Pamahan Berobat Gratis

Tidak seperti hari-hari biasanya, kampung Pamahan Jatiasih Bekasi pada sabtu 25 Maret 2017 kali ini nampak ramai. Biasanya para warga bisa kumpul ketemu secara bersamaan hanya ketika ada hajatan besar atau acara-acara tertentu saja, namun tidak pada kali ini. Warga yang didominasi oleh kaum ibu-ibu, anak-anak dan pria lanjut usia ini berkumpul di Masjid Baiturrahman. Mereka mendapatkan layanan kesehatan gratis dari Islamic Medical Service, sebuah lembaga kesehatan yang salah satu programnya adalah memberikan layanan kesehatan keliling secara cuma-cuma ke masyarakat bawah.

Setelah beberapa hari sebelumnya pihak panitia yang dalam hal ini pengurus masjid membagikan kupon ke masyarakat sekitar masjid, satu persatu warga datang dengan tertib untuk berobat dan memeriksakan kesehatannya. Warga yang sebagian besar adalah penduduk asli kampung Pamahan ini sangat antusias dengan adanya layanan kesehatan ini. Kegiatan yang  baru pertama kali  dilakukan di wilayah mereka ini terasa agak janggal bagi mereka. Bagi mereka biasanya kalo berobat mereka datang ke dokter atau puskesmas. Tapi hal ini justru sebaliknya, dokter lengkap dengan perawat, apoteker dan obat-obatannya mendatangi warga.

Adapun keluhan warga yang datang berobat ini beragam yang dilakukan, diantaranya : gatal-gatal, gangguan pada pendengaran, sakit persendian,  flu, demam, dan lain-lain. Namun  ada juga beberapa warga yang datang hanya untuk sekedar ingin mengetahui tekanan darahnya.

Salah satu tokoh masyarakat yang juga merupakan pengurus masjid Baiturrahman Bapak KH. Akhmad Rohamin (63 th), sangat senang atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Alhamdulillah acara ini bisa terlaksana dengan baik, para jamaah masjid dan warga kampung pamahan mendapatkan perhatian khususnya kesehatan mereka. Saya mengucapkan terimakasih banyak seluruh yang terlibat. Yaitu Hidayatullah, IMS dan BMH yang sudah membantu warga kami khususnya warga RW 08  terutama warga Rt 01, Rt 02, Rt 03. Semoga acara ini diberkahi Allah SWT sehingga tidak hanya berhenti pada hari ini saja, namun bisa terus dilakukan secara rutin”, Komentar Bapak Rohamin.

Salah satu warga yang berobat, Ibu Liana ( 55 th, warga RT 02) berkomentar  : “Alhamdulillah senang sekali rasanya bisa berobat gratis disini, karena kalo mau berobat kerumah sakit saya ga punya duit. Jadi baru sekarang saya bisa mengecek kesahatan saya, dan alhamdulillah tadi kata dokter saya tidak kenapa-kenapa, hanya kolesterol aja yang sedikit tinggi dan tadi juga sudah di kasih obat oleh bu dokter. Harapan saya kedepan biar acara yang seperti ini diadakan lagi.

Lain halnya dengan Bapak Endang ( 58 th warga RT 01), beliau berujar : “Terimakasih banyak saya ucapkan kepada masjid Baiturrahman yang sudah mengadakan acara ini dan terimaskih juga kepada BMH dan IMS yang sudah mau bekerja sama dengan masjid Baiturrahman sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik, dan alhamdulillah berkat acara ini warga kami terutama RT 01, RT 02, RT 03, RW 08 sangat merasa terbantu sekali dengan adanya pengobatan gratis ini. Harapan saya semoga kerja sama ini dapat terjalin lebih baik lagi dan dapat di laksanakan lagi di kemudian hari.

Menurut Dokter Eka Zafria ( 38 th) : jumlah warga yang datang berobat sebanyak 300 an warga, adapun rata-rata pasien mengeluhkan hypertensi, reumatik, ispa, flu, gatal-gatal, batuk dan demam. Ada beberapa hanya ingin mengetahui tekanan darah serta golongan darahnya. Alhamdulillah persediaan obat yang IMS bawa sangat memadai untuk menangani keluhan-keluhan warga. Kami tidak menemukan penyakit yang harus membutuhkan penangan lebih lanjut, hanya saja melihat kondisi yang tidak menentu ini tentunya kami sarankan senantiasa menjaga kesehetan dan memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar.

Pada kesempatan kali ini IMS menurunkan tim medis yang terdiri dari 2 dokter, 3 apoteker, 2 perawat dan 2 orang relawan non medis. Alhamdulillah acara yang dimulai sejak pukul 08.00 wib ini berakhir pada pukul 13.30 wib dan berjalan dengan sukses dan lancar. Hal ini tak lepas dari dukungan dan bantuan berbagai pihak, terutama oleh Laznas BMH dan DEPKES DPW Hidayatullah Jabodebek sebagai pendukung utama atas terselenggaranya program Gerakan Peduli Sehat.

Related posts

Give a Reply

Live Chat

We offline