Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Lebaran bersama santri Lapas & WBP di Nusakambangan

May 15 @ 8:00 am - 5:00 pm

Semua orang punya kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa, begitupun dengan semuanyja berhak merayakannya. Setelah berpuasa selama sebulan penuh dan dengan beraneka ragam kegiatannya, hari raya sebagai petanda kemenangan tiba. Seluruh ummat Islam tentunya sedih karena berpisah dengan ramadhan mulia, namun ada rasa bahagia karena telah mampu melawan hawa nafsu dan segala larangan Allah selama ramadhan.

Kini….hari raya tiba. Gema takbir berkumandang, telpon berdering, pesan sms atau WA masuk, sanak keluarga saling berkunjung dan silaturahim. Namun tidak bagi warga binaan pemasyarakatan atau santri di lapas NUSAKAMBANGAN.

Namun yang patut disyukuri adalah mereka tetap khidmat dan semangat dalam mengumandangkan takbir dan berlebaran dengan hidangan opor dan ketupat.

Keberadaan opor dan ketupat menjadikan pelipur lara, sebab sebagian besar mereka tidak mendapatkan kunjungan, telpon atau pesan whats App. Menu hidangan khas lebaran ini telah lama mereka tidak nikmati semenjak mendekam di balik jeruji.

Adalah Islamic Medical Service (IMS) memiliki inisiatif untuk mengangkat program ini. Opor dan ketupat lebaran untuk santri lapas dan warga binaan pemasyarakatan lapas Nusakambangan sudah berjalan selama 2 kali ini. IMS atas dukungan para donatur dapat mewujudkan kembali program ini.

Pada lebaran kali ini dapat dihidangkan sebanyak 500 porsi paket opor ayam dan ketupat.

Para penghuni Lapas nampak bahagia dengan hadirnya hidangan istimewa. Sajian menu makanan yang sudah tahunan mereka tidak cium aromanya apalagi menyantapnya. Dan entah apakah tahun-tahun selanjutnya masih dapat mereka nikmati. Warga binaan non muslimpun turut serta menikmati hidangan istimewa ini. Begitu juga dengan para pegawai dan petugas lapas yang sedang berjaga pada hari raya mereka turut serta menikmati.

Di serambi masjid, di kantor, di kamar-kamar (sel) menu opor ayam dan ketupan hadir disana. Warga binaan yang tidak menjalankan sholat ied di masjid Al Ikhlas, diantarkan oleh petugas dapur ke sel masing-masing.

Rasa bahagia dan senang nampak dari raut wajah dan bibir yang terucap dari seluruh penghuni lapas. Lebaran kali ini terasa sangat istimewa dengan hidangan yang dikirim IMS” ucap Sutrisno selaku KASI BINADIK Lapas Kembangkuning Nusakambangan.

Rasa senang juga dengan Bapak KH Hasan Makarim yang pada kesempatan kali ini menjadi khotib di Lapas KembangKuning Nusamkambangan. Beliau yang juga sebagai pembina rohani di lapas seluruh Nusakambangan menyampaikan “berbeda dari hari raya biasanya, kali ini terdapat hidangan istimewa spesial idul fitri. Alhamdulillah IMS telah 2 tahun ini membersamai santri lapas dan WBP dengan santapan khas lebaran. Perhatian yang luar biasa untuk seluruh warga disini”

Seusai menyantap hidangan, tak lupa seluruh penghuni lapas Kembangkuning Nusakambangan mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1442 H serta mohon maaf lahir dan batin kepada keluarga, sahabat dan seluruh masyarakat diluar. Semoga berjumpa lagi dengan ramadhan tahun depan.

Details

Date:
May 15
Time:
8:00 am - 5:00 pm
Event Tags:
,

Organizer

IMS