Dompet Dhuafa Siap Utus Bidan ke Pelosok Indonesia


Bidan Pelosok Negeri adalah para pejuang yang akan membangun sebuah peradaban baru

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Dompet Dhuafa terus konsisten untuk bersinergi dengan Pemerintah dalam menyelesaikan masalah kesehatan Ibu Anak khususnya dalam pencegahan stunting  di Indonesia. Hal ini tergambar dari keseriusan Dompet Dhuafa pada setiap program kesehatan yang diimplementasikan bersama masyarakat.

Kali ini Dompet Dhuafa menunjukkan lagi langkah seriusnya untuk menyelesaikan masalah kesehatan Ibu Anak melalui Program Bidan Untuk Negeri. Peluncuran program ini dilangsungkan hari ini, Rabu, 2 Juni 2021 di Gedung LKC Dompet Dhuafa, Ciputat.

Acara yang bertajuk Pembukaan Pelatihan dan Soft Launching Program Bidan Untuk Negeri tersebut dihadiri oleh Ahmad Sonhaji selaku Direktur Dakwah Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa, dr. Yeni Purnamasari sebagai General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa dan para bidan yang akan diberangkatkan ke wilayah yang sudah ditentukan.

Sebanyak enam bidan mengikuti pelatihan yang akan dilangsungan selama tiga Minggu efektif ini, pelatihan ini bertujuan untuk membekali para bidan yang akan ditempatkan di wilayah terpencil dan masyrakat yang masih mengalami kesulitan untuk mengakses fasilitas kesehatan, terutama dalam pelayanan Ibu dan Anak.

 

Tugas utama para Bidan ini adalah memberikan pelayanan sekaligus mengemban program pemberdayaan kesehatan masyarakat, bahu membahu dengan puskesmas dan pemerintah desa memperkuat upaya peningkatan kesehatan Ibu dan pencegahan stunting. Pada angkatan pertama pelatihan kali ini akan ditemptakan di Provinsi Aceh, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Direktur Dakwah, Budaya & Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ahmad Sonhaji, mengungkapkan program ini menjadi semangat Dompet Dhuafa untuk menciptakan peradaban baru yang lebih baik. "Bidan Pelosok Negeri ini adalah para pejuang, para mujahidah yang meninggalkan negeri untuk membangun sebuah peradaban baru di tempat yang akan ditempatkan. Ini sembuah pembelajaran yang hebat dari Rasululah, boleh jadi perubahan suatu kondisi masyarakat bisa dilakukan dengan kehadiran para bidan semuanya. Mudah-mudahan terjadi perubahan yang baik khususnya di bidang kesehatan sebagai entry point gerakan pemberdayaan kita di masyarakat," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (3/6).

Ahmad mengatakan harapannya program yang dilakukan melalui gerakan Bidan Untuk Negeri ini menjadi awal untuk bersama-sama bersinergi dengan program-program layanan Dompet Dhuafa yang lainnya. "Apakah nanti ada pengembangan program ekonomi ataukah nanti program-program pendidikan yang dapat membangun kekuatan sinergi teman-teman di lapangan,” imbuh Ustaz Ahmad Shonhaji.


Source link

Berita Menarik Lainnya