Baznas akan Gandeng DMI untuk Awasi Kotak Amal


Pihaknya pun akan menelusuri dana ZIS yang belum dilaporkan senilai Rp 7 triliun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka kemungkinan kerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) guna mengawasi kotak amal di masjid-masjid. Tujuannya agar dana yang tersalurkan dari itu dapat sepenuhnya tersalurkan untuk kepentingan masjid alih-alih kelompok ekstrem.

“Ya. Kita akan coba kerja sama dengan DMI untuk mengawasi penggunaan dana amal masjid agar tak mengalir ke kelompok-kelompok itu (ekstrem),” kata Ketua Baznas Noor Achmad kepada Republika, Ahad (4/4).

Dalam rapat kerja nasional (Rakornas) Baznas 2021, pihaknya pun akan menelusuri dana ZIS yang belum dilaporkan sebesar Rp 7 triliun. Sebab dari Rp 300 triliun potensi dana ZIS yang ada, penghimpunan baru mencapai Rp 12,7 triliun dalam perkiraan matang, dan secara riil baru mencapai Rp 4,9 triliun.

Dia menyebut, dalam rakornas akan ditekankan mengenai langkah pencegahan agar tidak terjadi kegiatan-kegiatan yang mengatasnamakan LAZ tertentu dan  Baznas. Dia menjelaskan, hal tersebut untuk mengantisipasi penggunaan dana untuk non-aman NKRI. Penelusuran dana Rp 7 trilun itu nantinya, kata dia, bakal dicari tahu penyebabnya.

Untuk itu, Baznas berupaya melakukan langkah tiga aman. Yakni aman secara regulasi dan Undang Undang, aman secara syari atau hukum Islam, dan aman secara kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Secara regulasi, dia mengakui, kotak-kotak amal masjid memang tidak diatur di dalam perundang-undangan. Berbeda halnya dengan kotak amal atau kotak sumbangan yang biasa dititipkan di sejumlah warung atau juga waralaba yang perlu mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat ataupun instansi yang memiliki keterkaitan dari tujuan penggalangan dana itu.

“Kalau yang kotak amal masjid itu kan sepenuhnya dana digunakan untuk keperluan masjid, tidak perlu izin. Tapi penyalurannya ini yang nanti akan dibahas, kita bisa kerja sama ke DMI,” kata dia.

 


Source link

Berita Menarik Lainnya