Bantu ukur tanah, Kementerian ATR resmikan layanan KJSB di Kota Jambi



Jadi masyarakat tidak perlu khawatir tentang kualitas pengukuran yang dilakukan oleh KJSB yang ada di sini. Dengan ini kami harapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih baik
Jambi (ANTARA) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meresmikan pelayanan langsung masyarakat oleh Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) di Kota Jambi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang (SPPR) Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta di Jambi, Senin, mengatakan hal ini menjadi bagian dari upaya dari Kementerian ATR/BPN untuk terus meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat, termasuk dalam hal pengukuran bidang tanah.

Peresmian pelayanan langsung masyarakat oleh KJSB merupakan satu langkah yang dipilih Kantor Pertanahan Kota Jambi untuk memaksimalkan target pengukuran bidang tanah di Kota Jambi.

"Juru ukur BPN di seluruh Indonesia itu 1.200. Jumlah ini sangat minim sehingga pelayanan pengukuran dan pemetaan tanah menjadi tidak maksimal," katanya.

Dengan pelayanan oleh KJSB, kata dia, masyarakat dapat mendaftarkan langsung proses pengukuran tanah ke KJSB. Masyarakat diminta tidak khawatir dengan KJSB sebab kantor ini sudah memiliki lisensi.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir tentang kualitas pengukuran yang dilakukan oleh KJSB yang ada di sini. Dengan ini kami harapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih baik," katanya. 

Virgo juga mengharapkan kepada surveyor bersertifikat juga aktif menjemput bola dan mensosialisasikan pelayanan langsung masyarakat ini.

Kakanwil BPN Provinsi Jambi Agustin Samosir menyatakan peresmian pelayanan langsung masyarakat ini diharapkan dapat menjadi percepatan pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanahan.

"Karena di kantor BPN sering pekerjaannya overload, sehingga dengan adanya pelayanan melalui KJSB  ini dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat di Kota Jambi, terlebih sebentar lagi Kota Jambi, seperti yang disebutkan oleh Menteri ATR/BPN beberapa waktu akan dideklarasikan sebagai Kota Lengkap," katanya. 

Agustin berharap kantor pertanahan di kabupaten yang lain dapat mengikuti langkah Kantor Pertanahan Kota Jambi dengan meresmikan pelayanan langsung masyarakat ini.

Pihaknya sudah melihat potensi pelayanan langsung masyarakat ini juga bisa hadir di Kabupaten Bungo.

Pewarta: Tuyani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Berita Menarik Lainnya