Bangka Belitung Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup


Persediaan sapi dan kambing qurban lebih dari kebutuhan tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok hewan kurban dan daging sapi menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saat ini persediaan sapi kurban di pedagang dan peternak masih banyak, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," kata Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin, Kamis (23/6/2022).

Ridwan mengatakan, saat ini persediaan sapi dan kambing kurban di pedagang dan peternak sebanyak 4.734 ekor sapi dan 7.128 ekor kambing. "Kebutuhan sapi untuk Idul Adha tahun lalu sebanyak 4.520 sapi, sementara stok sapi yang ada sekarang lebih dari kebutuhan tahun lalu," katanya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel Judnaidy memastikan, kebutuhan daging sapi maupun hewan kurban lainnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H masih dalam kondisi aman. "Saat ini, kami belum menerima laporan dari masyarakat yang kesulitan mendapatkan hewan kurban," ujar Ridwan.

Pedagang sapi di Koba Bangka Tengah, Samud mengatakan pasokan sapi di tempatnya sudah kembali normal. "Sekarang sapi sudah mulai masuk dan normal kembali, dimana sebelumnya hanya masuk 40 sapi karena wabah PMK, namun sekarang kembali normal yaitu mencapai 180 ekor," jelasnya.

Ia juga memastikan stok sapi kurban dan juga konsumsi aman sampai Idul Adha dan harga relatif stabil. "Persediaan sapi qurban dan daging sapi untuk kepentingan Hari Raya Idul Adha relatif aman dan dipastikan bebas PMK," kata Ridwan.

sumber : Antara


Source link

Berita Menarik Lainnya