Disable Preloader

Setelah beberapa hari mengadakan pengobatan gratis di Palu, hari ini Team Medis IMS  menyusuri jalan sejauh 49 KM dari posko utama Hidayatullah Peduli dan berhenti di posko pengungsian Desa Dalaka, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Bertempat disebuah panggung khusus kegiatan desa bersama dengan Bidan puskesmas setempat Team medis IMS dan sahabat Al-Aqsha menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat desa sindue yang terdampak gempa Donggala.

Kedatangan Team medis (10/10/2018), sudah lama ditunggu masyarakat karena ada banyak yang membutuhkan tindakan, beberapa pasien yang hadir langsung menerima perawatan luka, mulai dari membersihkan luka hingga menerima jahitan akibat terdampak bencana gempa.

Anak-anak korban bencana juga penuh ceria menerima bantuan dari posko Hidayatullah peduli berupa popok, biskuit, permen, dan berbagai macam Snack lainnya. Untuk balita diberikan juga bantuan bubur bayi, minyak telon, selimut.

Sejak dimulai pukul 10.00 hingga 16.00 sebanyak 110 pasien menerima Layanan Kesehatan gratis dari team medis. Didominasi oleh anak-anak, perempuan dewasa, dan sebagian kecil pria dewasa. Beberapa penyakit utama yang diderita adalah hipertensi, hermatitis (gatal-gatal), Maag, ISPA, dan Diare akut.

Baca | Pengungsi Palu Sebagian Lebih Butuh Makanan dan Layanan Kesehatan

Dokter Suprapto selaku kepala tim medis IMS mengungkapkan ; “Alhamdulillah kita masih terus melayani masyarakat yang terdampak gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan sekitarnya. Tidak masyarakat saja namun para relawan dan tim SAR juga kita berikan layanan kesehatan”  

Relawan yang semenjak hari pertama pasca bencana sudah berada lokasi untuk bahu membahu bersama SAR gabungan dan relawan yang lain. Diantara mereka mengalami kelelahan sehingga diharuskan untuk sementara istirahat yang cukup. Ada juga relawan mengalami luka-luka ketika sedang melakukan evakuasi korban.

Share:

Tags:

Comments
Leave a Comment